PELAKSANAAN COMMUNITY OUTREACH PROGRAM (COP) KE-20 DI DESA JABUNG, MOJOKERTO PADA TAHUN 2015

Mellisa Mellisa, Vebbe Vebbe, Terrius Purnomo

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat di desa Jabung, Mojokerto dari segi: pengetahuan untuk dapat membangun hidup yang lebih baik. Memberi pengetahuan dan pengarahan kepada penduduk desa Jabung, Mojokerto mengenai pentingnya untuk terus mengasah serta mempergunakan kemampuannya untuk terus berkembang serta memberikan edukasi yang jelas mengenai pentingnya kebersihan yang berdampak pada kesehatan. Selain itu mengedukasikan ke anak-anak untuk lebih mengenal dunia seperti Bahasa asing,ilmu sosial, dan juga seni. Sarana prasarana untuk membenahi prasarana yang sudah ada, Karena penduduk di desa Jabung masih kurang memperhatikan seperti dalam hal mandi cuci kakus (MCK), taman kanak-kanak (TK) dan pembedaan antara air yang diminum dengan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci baju dan piring. Pelaksanaanya dibagi dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan metode survey untuk mengetahui kondisi desa dan apa saja masalah yang menjadi pokok permasalahan mereka, tahap pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, penyuluhan dan kerja bakti untuk turut serta membangun desa sehingga lebih terdepan. Tahapan evaluasi untuk setiap kegiatan sehingga mengetahui hasilnya. Hasil dari pengabdian masyarakat diindikasikan dengan apa dibutuhkan oleh masyarakat menunjukan hasil yang baik dari segi penyuluhan, pengajaran dan kerja bakti dengan adanya respon positif dan umpan balik seperti antusiasme para ibu untuk bertanya ketika penyuluhan pada sesi tanya jawab dan kerja bakti yang dilakukan bersama penduduk desa Jabung.

Kata kunci: pengetahuan, sarana prasarana, tahapan, desa Jabung

ABSTRACT

The Implementation of 20th Community Outreach Program at Jabung Village, Mojokerto in 2015
This service learning was conducted to shared the knowledge and help jabungs villagers at mojokerto in term of : knowledge for make a better life. Give knowledge and briefing to the villagers about how important to always hone and use their abilities to make a better life, and educated them about how important cleanliness to impact their health. Others, educated children to know more about world like teached foreign language, social science, and art. Infrastructure for renovated them because people at Jabung village give less attention about bath activity, kindergarten, and separate water for drink and needed of washed cloth or plate. The implementation would divided in 3 section. Preparation section, implementation section, evaluation section. Preparation section did by survey the village condition and knowed their corcern problem, implementation did by training, counseling and voluntary work for made the village better. Evaluation for each activity to know how it works. The results with the indication needed of villagers people has showed good enough in term of training, counseling and voluntary work which have feed back like ask enthusiasm when counseling given and voluntary work with gentlemen.

Keywords: knowledge, infrastructure, stages, Jabung village.

Full Text:

PDF

References


Jonathan Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha ilmu.

Ian maycumber. (2009). Strategies for Implementing Biosand Water Filter Projects : case studies from the Philippines. Colorado: Colorado State University.

John F. Pile. (1997). Color in Interior Design. Amerika: McGraw-Hill.

Augustinus,Sally. (2009). Place Advantage. Amerika : Wiley.




DOI: https://doi.org/10.21460/sendimas2016.2016.01.21

Copyright (C) 2016 - Prosiding Sendimas - UKDW