Detail Cantuman Kembali

XML

Serat turunan sejarah Wirasaba: Kajian unsur kesejarahan dan sastra


Serat Turunan Sejarah Wirasaba merupakan karya sastra kesejarahan yang dapat digunakan untuk menelusuri tentang keberadaan Kadipaten Wirasaba. Naskah ini ditulis oleh Mulyareja. Disebutkan bahwa naskah merupakan turunan atau menyalin dari naskah yang lain namun tidak menyebutkan sumber salinannya.
Serat Turunan Sejarah Wirasaba mengisahkan hubungan kerajaan Majapahit dengan kerajaan Pajajaran sebagai cikal bakal berdirinya Kadipaten Wirasaba. Cerita kronik dalam Serat Turunan Sejarah Wirasaba diawali dari putra Majapahit yang mengembara ke Pajajaran. Ia kemudian menjadi menantu raja Pajajaran. Putranya yang bernama R Katuhu kemudian mengembara dan menjadi cikal bakal Kadipaten Wirasaba.
Cerita menarik lainnya adalah ketika Adipati Warga Utama menjadi korban fitnah saudaranya sendiri. Pucuk pimpinan kemudian diwarisi oleh menantunya karena para putra laki-laki Warga Utama tidak mau menghadap ke Pajang. Sebagai pengganti mertuanya Warga Utama II ternyata tidak serakah sehingga wilayahnya dibagi menjadi empat. Oleh sebab itu is kemudian disebut juga Adipati Mrapat. Kronik sejarah pun berlanjut hingga masa pemerintahan tradisional Yogyakarta.
Sebagai karya sastra, tentu saja naskah ini menampilkan pula bumbu-bumbu yang menarik, yang memuat berbagai nilai budaya yang masih relevan.
Sumarno dan Indra Fibiona
Sumarno - Personal Name
Fibiona, Indra - Personal Name
959.8 SUM s
978-623-7654-11-7
959.8
Text
Indonesia
Balai Pelestarian Nilai Budaya DIY
2021
Yogyakarta
vi, 154 hlm.: ill.; 23x15 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...