Repositori UKDW

Journal Informatika

Journal Eksis Sistem Informasi

Jurnal Gema

Jurnal Ekonomi Manajemen
Dies Natalis ke-61 UKDW dan Pengukuhan Guru Besar Prof. Robert Setio, Ph.DTanggal Terbit : Jumat, 3 November 2023

 

Dies Natalis ke-61 Duta Wacana menjadi momen yang spesial bagi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, karena dalam upacara dies natalis tahun ini juga dilaksanakan Pengukuhan Guru Besar Pdt. Prof. Robert Setio, Ph.D. di bidang Ilmu Teologi. Acara berlangsung di Auditorium Koinonia UKDW pada hari Selasa, 31 Oktober 2023.

Pada kesempatan tersebut Pdt. Prof. Robert Setio, Ph.D. menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Lucunya Agama, Alkitab, dan UKDW – Humor Sebagai Kritik Lembut Terhadap Kebekuan Sosial”. Prof. Robert menyebutkan humor adalah bagian penting dalam komunikasi antar manusia yang berfungsi sebagai sarana untuk menghubungkan orang atau kelompok satu dengan lainnya. Selain menghibur, juga menggugat norma-norma dan kenormalan masyarakat.

Di Indonesia, humor berakar kuat dalam budaya setempat dan berfungsi sebagai cara untuk mengatasi tantangan sehari-hari serta menyatukan masyarakat. “Kesulitan-kesulitan yang disebabkan oleh beban kehidupan yang berat, kerenggangan-kerenggangan hubungan antar kelompok bahkan konflik-konflik dapat dicairkan dengan humor,” terangnya.

Dalam konteks pendidikan, humor berguna untuk mendorong sikap kritis terhadap bentuk pendidikan yang melupakan keutuhan dan kekompleksan manusia. “Humor diperlukan, karena dengan humor para peserta didik dilatih untuk berpikir kreatif, peka terhadap lingkungan, mampu menggunakan berbagai perspektif, fleksibel secara kognitif, bahkan siap untuk mengkritik diri sendiri,” imbuhnya.

Upacara Dies Natalis ke-61 Duta Wacana juga dimeriahkan oleh kehadiran Butet Kartaredjasa yang mementaskan monolog terkait tema orasi ilmiah Pdt. Prof. Robert Setio, Ph.D. Butet mengatakan UKDW perlu belajar lagi mempercayai seni sebagai kekuatan untuk membangun kehidupan.

Acara dilanjutkan dengan laporan dari Dr.-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. selaku Rektor UKDW yang menyebutkan UKDW akan memasuki era yang baru, rencana induk yang baru, sehingga tahun ini penting sebagai pijakan untuk langkah-langkah selanjutnya. “UKDW akan memasuki tahapan baru untuk mewujudkan mimpi sebagai Sustainable Entrepreneurial Research University. Untuk mencapai hal tersebut, UKDW akan fokus dalam dua hal yaitu sustainability dan inklusivitas yang menjadi nafas maupun spirit dalam setiap hal yang dilakukan. UKDW juga telah melakukan groundbreaking pada tanggal 30 Oktober kemarin yang menandai akan dibangunnya Rumah Sakit Akademik Duta Wacana dan berlanjut dengan pembangungan Kampus 2 di Sedayu,” paparnya. (mpk)

 

Sumber:https://www.ukdw.ac.id/dies-natalis-ke-61-ukdw-kukuhkan-prof-robert-jadi-guru-besar/




Atau share via


+ Daftar berita lain
Hak Cipta © Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wacana 2024.